Tipe wawancara kerja


Wawancara terstruktur

Wawancara terstruktur adalah wawancara yang dilakukan dengan berpedoman pada suatu catatan yang telah dipersiapkan, atau dengan kata lain pewawancara mengajukan hal yang sama kepada tiap-tiap calon kadidat dalam seleksi kerja.
  • Mendasarkan pertanyaan pada analisis dari pekerjaan target (yaitu, mengikat pertanyaan untuk kompetensi yang dibutuhkan oleh pekerjaan)
  • Mengajukan pertanyaan yang sama masing-masing calon
  • Mengajukan pertanyaan tipe tertentu (misalnya, bertanya tentang pekerjaan spesifik perilaku masa lalu atau apa yang akan dilakukan dalam situasi yang berhubungan dengan pekerjaan hipotetis).
  • Menggunakan rinci, skala rating berlabuh perilaku (yaitu, skala penilaian dengan contoh-contoh perilaku untuk mengilustrasikan poin sepanjang skala)
Wawancara terstruktur sendiri terdiri atas:
  • Wawancara Kerja Situasional: Wawancara situasional adalah wawancara dengan meminta pelamar kerja untuk membayangkan serangkaian keadaan dan kemudian menunjukkan bagaimana mereka akan merespon dalam situasi tertentu. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berorientasi ke masa depan.
  • Wawancara Kerja Perilaku: Dalam wawancara perilaku Perilaku pewawancara meminta responden (calon pekerja) untuk menceritakan apa yang mereka lakukan di masa lalu, baik dalam hal pekerjaan atau situasi kehidupan yang relevan dengan pekerjaan. Baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dibutuhkan dalam sebuah pencapaian.

Jenis wawancara kerja:

  • Seleksi: Jika pelamar atau kandidat untuk menduduki jabatan berjumlah lebih dari satu orang maka, dilakukan wawancara kerja untuk menyeleksi siapa di antara kandidat yang paling terkualifikasi sehingga bisa dilanjutkan ke tahap seleksi berikutnya. Wawancara seleksi biasanya berlangsung singkat antara 15-30 menit.
  • Wawancara Telepon: Demi menghemat biaya dan efisiensi waktu, banyak recruiter yang melakukan wawancara kerja melalui telepon. Oleh sebab itu, pelamar harus siap dihubungi sewaktu-waktu, sebab seringkali recruiter tidak memberikan pilihan bagi pelamar untuk menentukan waktu kapan ia siap diwawancarai melalui telepon.
  • Wawancara di kampus atau sekolah: Meskipun tidak banyak perusahaan yang melakukan wawancara di kampus, namun untuk perusahaan-perusahaan tertentu yang mencari lulusan untuk dilatih lebih lanjut, cara ini dinilai sangat efektif karena memberikan akses bagi perusahaan tersebut untuk mendapatkan kandidat terbaik yang mungkin sangat sulit diperoleh jika menunggu kandidat tersebut datang melamar.
  • Wawancara Teleconference: Perkembangan dunia teknologi saat ini memungkinkan wawancara ini dilakukan. Beberapa perusahaan di Indonesia sendiri telah banyak melakukan jenis wawancara ini.
  • Wawancara di Pameran Kerja: Pameran kerja diadakan untuk menjembatani perusahaan dengan para pencari kerja.

Contoh pertanyaan wawancara kerja

(1). Pertanyaan seputar data diri Anda

Contoh :
1. Anda akan diminta menceritakan tentang diri Anda
2. Apakah Anda memang berminat pada ilmu manajemen dan kenapa memilih manajemen?
3. Apakah aktivitas Anda di luar lingkup kampus ?
4. Siapakah yang membayar Kuliah Anda?
5. Berapa besaudara Anda dalam keluarga Anda, ceritakan tentang adik dan kakak Anda?
6. Apa rencana Anda 2-3 tahun kedepan?
7. Apakah Anda memiliki keterampilan lain selain ilmu manajemen ?
8. Apa itu sikap profesional menurut Anda ?
9. Apa makna hidup buat Anda?
10. Apa makna pekerjaan bagi Anda?

(2). Pertanyaan tentang kemampuan dan pengalaman

Contoh :
1. Apa saja kelebihan dan kekurangan Anda, tolong sebutkan?
2.Bagaimana hubungan Anda dengan rekan Kerja di perusahaan yang sekarang?
3. Mana yang lebih Anda suka, bekerja sendiri atau dalam tim?
4. Jika Anda dalam sebuah tim, apa posisi yang akan Anda pilih?
5. Apakah Anda bersedia bekerja di bawah tekanan?
6. Bagaimana Anda memandang dan mengatasi kritik terhadap Anda?
7. Seperti apakah orang yang sulit diajak kerja sama menurut Anda?
8. Apa yang Anda lakukan jika bawahan Anda melakukan kesalahan?
9. Jika Anda jadi atasan dan ada bawahan yang ingin mengeluhkan masalah pribadi, apa yang Anda akan lakukan?
10. Jika dalam pekerjaan Anda menghadapi masalah besar apa yang akan Anda lakukan?
11. Kenapa Anda berminat pindah dari pekerjaan sekarang?
12. Apa yang salah denga pekerjaan Anda sebelumnya?
13. Apakah Anda pernah tidak masuk kerja?
14. Apakah Anda bersedia bekerja lembur?
15. Menurut Anda apa yang membuat perusahaan ini menarik bagi Anda?
16. Dari mana Anda mengenal perusahaan ini?
17. Menurut Anda, apa perbedaan perusahaan ini dengan perusahaan lain yang sejenis?
18. Apa rencana Anda 4-5 tahun kedepan jika bergabung dengan perusahaan ini?
19. Apakah Anda siap menerima tanggung jawab besar?
20. Sistem dan lingkungan kerja seperti apa yang Anda sukai?
21. Apakah Anda bersedia ditempatkan di luar kota?

(3). Pertanyaan Seputar Hak dan Kewajiban

Contoh :
1. Berapa gaji Anda di perusahaan sekarang?
2. Berapa gaji yang Anda harap dari perusahaan ini?
3. Bagamana kalau perusahaan kami menggaji Anda 9 juta ?
4. Baik, apakah Anda berkomitmen dan yakin untuk menduduki posisi ini dengan besar gaji tersebut?

0 Response to "Tipe wawancara kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel