Cara Mudah Melegakan RAM pada Android Root

sumber : google.com
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara melegakan hp androidyang telah di root (rooted). Sebenarnya pada artikel sebelumnya sudah saya bahas juga tentang Cara Jitu Meringankan dan Melegakan RAM di Android. Sebelum masuk ke tutorial, RAM itu apa sih? Dan fungsinya apa?

Baik akan saya jelaskan terlebih dahulu tentang apa itu RAM dan kegunaannya. RAM (Random Access Memory) sendiri yaitu sebuah hardware memori yang bertugas untuk menyimpan data sementara. Bisa dikatakan RAM adalah memori untuk menempatkan aplikasi yang sedang dijalankan. Sehingga fungsi RAM disini sangatlah penting untuk menunjang performa ponsel.

Oke kembali ke topik pembahasan. Jika dirasa perangkat android anda masih saja lambat setelah melakukan upaya untuk melegakan RAM pada android non-rooted, maka ada alternatif lain yaitu anda dapat melakukan root terlebih dahulu pada android anda. Karena fungsi root yaitu membuka hak akses pada sistem android sehingga kita dapat memodifikasinya. Setelah berhasil melakukan root langsung saja kita simak langkah langkah berikut ini :


1. Menggunakan aplikasi RAM Optimizer atau Swap RAM

sumber : google.com
Sebenarnya banyak aplikasi yang dapat anda coba untuk mengoptimasi kinerja RAM, bahkan di PlayStore juga telah tersedia banyak untuk android non-rooted dan rooted. Cara kerja aplikasi ini yaitu dengan mengambil size dari memori internal yang telah diinginkan untuk di swap, misalnya 256mb atau 512mb lalu akan digunakan untuk menambah RAM pada perangkat android. Swap RAM ini memang tidak terlihat perubahannya jika kita melihat melalui pengaturan android, dengan kata lain size RAM tidak akan bertambah. Namun jika kita melihat dari aplikasi swap RAM tersebut maka akan terlihat perubahannya.


2. Menggunakan tweak MOD

sumber : google.com
Cara ini tidak saya anjurkan, karena jika tweak tidak cocok dengan perangkat android anda maka akibatnya akan bootloop atau paling parah memori dapat rusak. Namun jika anda ingin mencobanya ada baiknya untuk mencari  informasi tweak apa yang cocok dengan perangkat anda terlebih dahulu. Cara ini jika anda lakukan dengan benar dan berhasil maka kinerja ponsel anda akan meningkat drastic. Para opreker android juga kebanyakan menggunakan tweak untuk lebih menunjang performa perangkat androidnya.

3. Menggunakan aplikasi Greenify

sumber : google.com
Greenify mampu menghibernasi semua aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang. Namun tetap akan berjalan lagi jika kita membuka lagi aplikasi yang telah dihibernasi. Simpelnya jika kita sedang tidak ingin menjalankan aplikasi misalnya bbm, maka kita dapat menekan tombol hibernasi pada greenify. Dan jika kita ingin menjalankan aplikasi bbm lagi, kita cukup membuka lagi aplikasi bbm tersebut. Kerugian dari greenify yaitu pada saat kita menghibernasi aplikasi maka kita tidak akan mendapatkan pemberitahuan terupdate dari aplikasi yang terhibernasi. Contoh jika seseorang mengirimkan pesan bbm kepada kita, maka pemberitahuan pesan bbm tersebut tidak akan muncul sampai kita membuka aplikasi bbm kembali.

4. Menggunakan aplikasi Lucky Patcher

sumber : google.com
Sebenarnya fungsi dari lucky patcher dengan greenify hampir sama. Yang membedakan yaitu cara kerjanya. Untuk dapat menggunakan lucky patcher, anda harus melakukan disable signatureterlebih dahulu. Disable signature yaitu proses penghentian atau penonaktifan pemeriksaan signature key khusus keluaran vendor, maupun pihak ketiga yang terdapat pada aplikasi tersebut.
Aplikasi lucky patcher ini bukan hanya dapat menghibernasi namun bahkan dapat melakukan freeze(pembekuan) terhadap aplikasi yang diinginkan terutama terhadap aplikasi sistem yang berjalan dilatar belakang. Yang perlu diingat, jangan sampai melakukan freeze pada aplikasi yang sangat dibutuhkan kinerjanya pada android kita, seperti contohnya launcher, systemui, caller, messages, dll. Karena hal tersebut akan menyebabkan android menjadi not respond dan memunculkan warning notification aplikasi tersebut telah berhenti, bahkan yang paling fatal dapat menyebabkan bootloop. Maka dari itu selalu berhati-hati dalam melakukan freeze ini.

Demikianlah cara mudah melegakan RAM pada android rooted. Saya tidak menganjurkan anda untuk melakukan semua langkah diatas jika memang spesifikasi pada ponsel anda high end, kecuali ponsel anda memang memiliki spesifikasi low end dan anda sangat membutuhkannya. Karena sebaik-baiknya orang yaitu mereka yang dapat bersyukur dan merasa cukup. Hehe..



Untuk saya pribadi, saya telah melakukan cara yang ketiga dan keempat. Dan telah terbukti efektif dalam melegakan RAM sekaligus mengurangi resiko kerusakan pada memori ataupun bootloop. Saya lebih menganjurkan cara tersebut, namun semua tetap kembali lagi pada prinsip masing-masing. Ada baiknya anda mencari referensi dari berbagai sumber terlebih dahulu sebelum melakukan eksekusi terhadap ponsel anda. Sekian informasi dan ilmu yang dapat saya share, semoga bermanfaat dan membantu. Terimakasih.

Keyword : android ram , smartphone 4gb ram , 4gb ram , smartphone ram 4gb , 4g ram , 1gb ram , ram android , smartphone 4gb , tablet ram , android 4gb ram , asus 4gb ram phone , ram smartphone , smartphone ram , ram 4g , ram app , upgrade ram android , smartphone dengan ram 4gb , memory ram , download clean master app , clean booster , memory booster , huawei 4gb ram , android 4gb , ram booster , camera for android , ram for android , speed booster , asus 4gb ram smartphone , app clean master , clean master , sd card ram , clean ram , clean ram android , download clean master , clean master for android , android booster , du booster , cleaner android , du cleaner , pc booster , ram sd card , sony xperia 4gb ram , boost ram , 4gram , clean master android , ram sd , du speed booster , xiaomi 4gb ram mobile , cm cleaner , apus booster , app ram , ram , ram cleaner , update ram android , android device , root cleaner , booster for android , virtual ram for android , ram root , sony 4gb ram , root ram , ram expand , screenshot apps for android , ram cleaner for android , speed booster for android , extra ram , ram upgrade for android , memory optimizer , android hd , ram booster android , cm speed booster , smart booster , memory cleaner , android sd , android assistant , free ram , ram booster for android , memory cleaner android , game booster for android , cpu booster , clean memory , ram optimizer , ram to sd card , download ram , check ram android , nokia 4gb ram , ram boster , clean ram memory , clear ram , sd booster , ram manager , swap memory , bass booster pro , ram to sd , ram manager pro , add ram , swap ram , phoneswappr , app sd card , app memory , smart booster pro

0 Response to "Cara Mudah Melegakan RAM pada Android Root"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel